Zero Moment Of Truth 2018

By Riki Yohanes | Uncategorized

Des 13

Zero Moment Of Truth adalah sebuah momen yang sebenarnya sedang terjadi saat ini (di era digital) dan sangat penting untuk Anda perhatikan sebagai pemilik bisnis online / offline, dan momen itu terjadinya di titik NOL (sebelum titik SATU) oleh karena itu disebut zero moment of truth, dan bukan first moment of truth.

Banyak pebisnis diluar sana yang belum memahami konsep ZMOT ini dan kemudian bertanya - tanya "kenapa ya sekarang bisnis itu cenderung lesu? tidak seperti dulu..." beberapa orang yang mindsetnya tidak tepat, malah mungkin cenderung mencari bukti pendukung "bad statement" mereka itu seperti kebijakan pemerintah yang sekarang susah, dll.. hehe..."

Jawabannya adalah: bisnis sebenarnya TIDAK SEDANG LESU, tapi saat ini telah terjadi sesuatu yang saya sebut SHIFTING dan karena pergeseran / shifting ini terjadinya tidak terlihat oleh mata, maka banyak orang miss / terlewatkan akan hal ini. (hanya orang - orang yang memiliki "mata digital" yang dapat melihat munculnya fenomena ZMOT ini)

Nah... shifting ini yang dinamakan dengan istilah Zero Moment Of Truth.

Agar saya lebih mudah menjelaskannya, silahkan Anda tonton dulu video dibawah ini ya, setelah itu saya akan jelaskan lebih jauh dan lengkap bagaimana cara mengantisipasi atau adaptasi, bahkan memenangkan ZMOT ini secara dominan.

Setelah nonton video diatas, Anda jadi tahu sekarang apa itu first moment of truth (FOMT), second moment of truth (SMOT), dan apa itu zero moment of truth (ZMOT)

Sebelum internet muncul, manusia hanya mengalami first dan second moment of truth seperti gambar dibawah ini:

Misalkan saja kita ambil contoh pengalaman seseorang ketika ingin membeli mobil di jaman dulu, maka orang tsb akan datang ke showroom mobil untuk melihat - lihat mobilnya, mencobanya, test drive, tanya harga, dapat penjelasan dari salesman nya di dalam showroom tsb... Inilah yang dinamakan first moment of truth / FOMT.

Setelah yakin, maka orang tsb membeli mobilnya dan mengendarainya selama mungkin 3 tahun kedepan, dan saat inilah yang dinamakan second moment of truth / SMOT.

Sekarang coba kita lihat apa yang berubah dari proses diatas tadi sejak kemunculan internet dan jaman telah berubah menjadi jaman digital.

Coba Anda perhatikan diagram dibawah ini:

Kalau Anda perhatikan bedanya dengan diagram pertama, maka di diagram kedua ini muncul sebuah momen  baru yang disebut Zero Moment Of Truth, dimana momen ini terletak satu langkah di depan first moment of truth.

Apa artinya? Artinya di jaman digital ini, proses manusia dalam melakukan pembelian tidak lagi sama dengan jaman dulu, dan ini ditunjukkan dengan adanya momen baru (ZMOT) yang dialami oleh seseorang terlebih dahulu secara aktif, sebelum mengalami first moment of truth, dimana dulunya ZMOT ini TIDAK EXIST atau tidak ada.

Apakah dengan adanya ZMOT ini berdampak terhadap kelangsungan sebuah bisnis? Jelas sekali berdampak dan bahkan ZMOT merombak proses perjalanan seseorang dalam mengambil keputusan atau membeli sesuatu dan hal ini yang banyak tidak disadari oleh pemilik bisnis, atau dalam kata lainnya mereka kecolongan oleh ZMOT

Oleh karena itu penting untuk Anda mengetahui lebih jelas dan lengkap tentang apa itu sebenarnya ZMOT? dan bagaimana cara terbaik untuk beradaptasi dengan ZMOT ini

Karena kalau Anda sebagai pemilik bisnis tidak aware dengan shifting ZMOT ini, 10 tahun kedepan bisnis Anda sekuat apapun bisa lenyap ditelan jaman. (trust me on this)

Lalu sebenarnya kejadian seperti apa yang terjadi di ZMOT ini?

Hal - hal yang sebenarnya terjadi di ZMOT ini adalah perilaku konsumen yang secara aktif melakukan riset nya sendiri di internet sebelum mereka mengambil sebuah keputusan atau membeli sesuatu. Inilah definisi sederhananya 🙂

Riset seperti apa yang biasanya dilakukan oleh konsumen di ZMOT?

It can be anything actually, di internet banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di berbagai tempat di online, misalkan saja menonton video youtube ttg review mobil merk X seeblum membelinya, cek review dan komen dari orang lain tentang produk X yang ingin kita beli, cek harga barang di tokopedia dulu kmd baru belinya ke glodok agar tidak tertipu harga dan masih banyak lagi contoh kegiatan2 tsb

Bahkan semakin hari semakin banyak bermunculan platform - platform baru tempat berkumpulnya konsumen.

Seperti yang kita ketahui bersama saat ini tempat - tempat online yang terbesar adalah:

- Google: sebagai kotak pencarian, fasilitas free (gmail, google drive dll) dan platform beriklan terbaik saat ini
- Facebook: Number 1 social media today
- Tokopedia: The biggest marketplace in Indonesia
- Whatsapp: Messenger terfavorit dan juga akan menjadi platform kita untuk beriklan di kemudian hari
- Gmail: email terbesar, free dan juga platform beriklan
- Instagram: sudah pasti Anda tahu potensinya 🙂

Dan tentunya masih banyak kompetitornya yang saya yakin Anda pasti juga sudah bisa tebak, hehe..

As marketer, actually we can show to them in every platform we choose. Oleh karena itu kita harus mengerti ilmu nya, dan kemudian di backup dengan data - data sehingga marketing effort kita di online untuk beradaptasi dengan ZMOT ini secara spesifik dan laser targeting.

Anda bisa bayangkan ketika sebagai pebisnis, Anda bisa muncul di hadapan setiap konsumen yang sedang melakukan riset di berbagai platform maka pasti Anda yang menjadi rujukan bagi mereka bukan. disitulah goalnya 🙂

Akan tetapi, tantangannya adalah setiap bidang industri memiliki keunikannya tersendiri dalam hal konsumen mengalami ZMOT nya.

Diagram dibawah ini adalah contoh - contoh perilaku konsumen khusus di bidang otomotif atau ketika seseorang ingin membeli mobil, maka inilah berbagai jenis kegiatan stimulus, ZMOT dan FMOT nya (based on google data research)

Ketika Anda bisa membaca data diatas, maka Anda bisa memprediksi sebaiknya marketing effort apa yang saya lakukan agar dapat hadir di ZMOT nya konsumen saya, tentunya beda lagi dengan industri fashion 🙂

(Masih banyak data - data seperti diatas yang dapat sangat membantu setiap pebisnis untuk menetapkan strategi digital marketing yang sangat efektif, dan bukan hanya update status di fb dan ig dan kmd beriklan di ig dan fb. It is too small thought to have in mind)

Postingan ini bertujuan untuk memberikan Anda gambaran sederhana tentang apa itu ZMOT dan mengapa ZMOT itu penting sekali untuk para pebisnis.

Anda bayangkan ketika pebisnis tradisional yang tadi sy ceritakan diatas mengeluh itu, dan ternyata dia tidak tau akan ZMOT ini... maka apa yang akan terjadi padanya 10 thn lagi? i think you can guess it, won't you? 🙂 

"Pebisnis Yang Tidak Melihat Shifting Ini Akan KECOLONGAN ZMOT, dan pensiun lebih awal"

Semoga postingan ini bermanfaat untuk Anda. Salam B2523GI 

About the Author

Halo, Saya Riki Yohanes seorang online entreprenuer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan lebih memahami digital marketing dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa meningkatkan omset bisnisnya 3x lipat dengan menerapkan strategi digital marketing yang telah terbukti efektif.

Leave a Comment:

Leave a Comment:

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield