Video Komentar Jujur & Apa Adanya Dari Klien Untuk Riki

By Riki Yohanes | Life

Des 11

Hai, selamat subuh jam 04:35 yah 🙂

Pagi ini saya ingin sharingkan something yang unik kepada Anda.

Beberapa dari Anda mungkin tahu bahwa selain berbisnis online, saya juga dipercaya oleh beberapa klien yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan digital marketing

Nah... biasanya setiap hari senin, klien beserta tim marketingnya berkumpul dengan saya untuk meeting mingguan.

Meeting berjalan cukup lancar walaupun sebenarnya performa saya kurang dalam kondisi fit karena dari malam sebelumnya saya belum tidur semalaman, hehe.. (tapi kliennya gak tau, hehe..)

Saya telah bekerja bersama klien ini sekitar 1,5 tahun sampai hari ini.

Setelah selesai meeting, saya mendadak saja terpikir untuk minta klien berkomentar tentang pengalamannya selama ini sejak awal bekerja bersama saya sampai hari ini (selama 1,5 tahun ini, saya tidak pernah terpikir untuk minta hal ini).

Pas saya ajukan, beliau langsung bilang "boleh saja Rik, tapi 1 syaratnya ya. Terserah saya mau bicara seperti apa."

Hahaha... quite interesting! Saya bilang OK, let see how it works 🙂

Singkat cerita saya rekam beliau secara langsung dalam video berdurasi 12 menit. 

Trust me, this comment come from his heart and 100% original without any recipe 🙂

Summary:
- 03:50: Beliau ngaku kalau dia gaptek, instagram dianggap sebagai jenis makanan, hehe...
- 04:04 - 04:35: Beliau tidak percaya bisnisnya bisa pakai cara digital marketing
- 05:20: Sejak awal saya tahu bahwa masalahnya pasti ada di mindset beliau
- 05:35: Punya website paling bagus & keren, tidak berarti sukses memanfaatkan digital marketing untuk bisnis. (No Correlation)
- 06:40 - 07:10: 100% True. Ini konsekuensi logis berhadapan dengan orang yang sudah sukses membangun bisnis dengan caranya sendiri dijamannya.
- 07:57: "akhirnya kita punya CARA....". CARA = Online Automated Sales Machine.
- 08:24: Nah... ini dia "WOW PERTAMA" nya. 
- 08:47-09:10: Ini saya udah berasa seperti jadi ownernya, hahaha...
- 09:40 - 10:25: ini dia "WOW KEDUA" nya
- 10:36-11:00: "Kapan lagi gue ada kesempatan untuk kasih nasehat ke senior - senior dan didengerin, haha..."

1 hal penting yang selalu terbesit di dalam benak saya (mungkin karena saya sering mendapat keluhan seperti ini) adalah perkataan seperti yang beliau katakan di menit ke 05:36.

Yaitu beliau berkata "saya dari tahun 2006 sudah bikin website yang desainnya paling bagus, juga sudah ikut masuk online seperti masuk di weddingku.com tapi ternyata tidak ada hasilnya tuh"

Tentang statement diatas, saya hanya ingin sampaikan kepada Anda bahwa kebanyakan orang entah kenapa selalu saja memiliki pemikiran yang "cukup sempit" yang sebenarnya sangat merugikan dirinya sendiri tanpa dia sadari.

Kenapa saya katakan "cukup sempit"?

Karena banyak orang itu berpikirnya kalau dia sudah pernah mencoba strategi X misalkan, dengan orang si "A" dan ternyata tidak berjalan mulus... entah kenapa mendadak dia langsung membuat 1 kesimpulan mutlak bahwa strategi X tidak efektif, bahkan dia tidak peduli kalau mungkin saja sebenarnya strategi X tsb tidak berhasil karena faktor orang si "A" yang mungkin kurang mahir / kurang kredibel baik dalam pemikirannya yang tidak menyeluruh dan juga dalam tingkat kemampuan / kapasitasnya.

Apa yang terjadi ketika dia melakukan hal tsb? iya betul, maka hampir dipastikan dia tidak bisa berkembang dan sebenarnya kita harus kasihan dengan orang seperti itu karena dia tanpa sadar sedang menutup pintu rejekinya sendiri hanya karena tidak tahu prinsip ini.

Saya bersyukur karena pak Vincent terbuka dengan pemikiran ini sehingga walaupun dulu beliau pernah coba online dan tidak berhasil pada saat itu, tapi karena beliau "open"... maka hari ini beliau bisa melihat something yang much bigger about online marketing, dan beliau bicara sendiri di video tsb pada menit ke 06:30. Semoga Anda terbuka tentang hal ini ya 🙂

"Digital Marketing is not only about having a good looking website / ig  and then promote on fb or instagram. Digital marketing is much much bigger than you can probably imagine"

---> I doing this stuff from 2010, every single day, not less than 10 hours a day... so perhaps i may say that i know it  quite well & i m willing to share the truth with you

Supaya enak dan jelas, lebih mantap kalau Anda tonton videonya dan dengarkan dari awal ceritanya. Ceritanya seru seperti lagu hits, tapi lagu ini durasinya 12 menit, hehe... (if you watch it, you will get something usefull)

Beliau adalah sosok orang yang terbilang sangat sukses, karena telah berhasil mengembangkan bisnis fashionnya di jakarta dan semarang, selain itu beliau juga memiiki bisnis developer properti di semarang.

Untuk orang sekelas beliau, memang tidak mudah untuk memberikan arahan dan masukkan, apalagi klo pas berdebat positif di meeting, yang namanya "usia", "reputasi" dan "duit" dibawa - bawa kedalam diskusi, pasti saya mental jauh kemana - mana, hehe..

Akhir kata yang bisa saya sampaikan adalah... video tsb direkam tanpa ada briefing dan saya jamin 100% beliau berkomentar berdasarkan pengalamannya selama 1,5 tahun terakhir ini.

Jadi ketika diluar sana ada orang - orang yang ngakunya hebat dan keren, ingin mengajarkan cara sukses berbisnis online dengan metode yang WOW, maka sebaiknya Anda........(isi sendiri yah sesuai hati nurani Anda)

"If you are the person who build business from nothing in to something, so you should understand that business need time, effort, energy and process to make it happen & it will not happen overnight. I can guarantee you" - Vincent Lee

I agree with this man above. How about you?


Oiya 1 hal lagi yang ingin saya sampaikan kepada Anda

Setelah selesai merekam video ini, mendadak pak Vincent bilang seperti ini kepada saya...

"Rik, kalau nanti ada orang yang setelah nonton video saya dan mau tanya - tanya langsung sama saya, lu kasih saja nomor telp saya ya. It is oke, yang penting orangnya serius"

About the Author

Halo, Saya Riki Yohanes seorang online entreprenuer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan lebih memahami digital marketing dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa meningkatkan omset bisnisnya 3x lipat dengan menerapkan strategi digital marketing yang telah terbukti efektif.

Leave a Comment:

Leave a Comment:

x Shield Logo
This Site Is Protected By
The Shield →