Pertanyaan Sangat Sederhana Tapi Maknanya Sangatlah Dalam

By Riki Yohanes | Uncategorized

Sep 21

Pertanyaan "sederhana"yang juga seringkali ditanyakan dan saya juga bingung jawabnya adalah "Saya lebih baik berjualan onlinenya dimana yang lebih menguntungkan? di toped? bukalapak? facebook? atau ngiklan di google?"

Saya sering lho dengar pertanyaan seperti ini, dan saya jadi bingung karena pertanyaan Anda itu (kalau memang ini pertanyaannya Anda ya) simpel banget tapi untuk bisa kasih jawaban yang dapat Anda mengerti itu saya harus bikin makalah berisikan 25 halaman untuk And, barulah Anda paham, hehe...

Tapi di postingan ini saya coba jawab dengan cara yang lebih sederhana. Mungkin tidak bisa perfect tapi paling tidak Anda bisa dapat gambaran lebih jelas.

Anda perlu ketahui bahwa setiap platform itu pasti memiliki tipe audience yang berbeda - beda, dan cara Anda berjualan di setiap platform pun juga pasti beda - beda tekniknya.

Saya ambil contoh sederhana saja, yaitu tipe audience yang ada di facebook dengan tipe audience yang memakai google itu saja, sudah pasti beda sekali dari sisi cara mereka memakainya.

Facebook adalah platform sosial media dimana orang - orang menggunakan facebook itu tujuannya adalah untuk bersosialisasi, berkenalan dengan teman - teman baru dan lamanya, reunian, melihat dan mendengar kabar - kabar terbaru dll

Itulah alasan mendasar dibuatnya facebook, adalah untuk berkumpul dan berkenalan mengetahui kabar dari teman - temannya sehingga orang - orang di facebook tidak memiliki tujuan yang kuat untuk jualan atau membeli sesuatu di facebook.

Lain halnya dengan google, dimana google sejak pertama kali berdirinya dikenal sebagai mesin pencarian, sehingga biasanya orang datang ke google dikarenakan ingin mencaritahu "sesuatu".

Nah... "sesuatu" itu juga ada banyak macamnya tergantung dari kata kunci apa yang diketik oleh seseorang ketika menggunakan google.

Contohnya ketika seseorang mengetik kata "toyota landcrusier" berarti kemungkinan orang tsb sedang mencari atau ingin membeli mobil toyota landcruiser.

Atau ketika seseorang mengetik "cara melangsingkan tubuh dengan cepat" artinya kemungkinan dia ingin mencari solusi produk / apapun yang dapat menurunkan berat badannya dengan cepat.

Jadi habit atau kebiasaan orang - orang yang memakai google itu biasanya sedang ingin mencari sesuatu baik itu solusi atas masalah atau barang yang ingin dia beli ataupun bisa jadi hanya informasi yang ingin dia ketahui, balik lagi tergantung kata - kata kunci apa yang diketiknya.

Dari sini saja kita bisa ambil kesimpulan sangat sementara, adalah ketika kita ingin jualan barang, misalkan seperti iphone x, maka paling mudah dan logis adalah kita beriklan saja di google dengan menargetkan kata kunci "iphone x" bukan... sehingga kalau ada orang yang ketik  kata - kata "iphone x" di google maka iklan kita akan muncul dan kalau org tsb klik iklan kita, dia akan masuk ke website kita dan kmgkn besar akan membeli iphone x yang kita jual di website kita.

Nah... barusan diatas hanyalah salah satu contoh sangat - sangat sederhana untuk menjelaskan Anda bahwa setiap platform memiliki jenis audience yang berbeda - beda sehingga kita sebagai penjual WAJIB / harus benar - benar mengetahui karakter dari setiap platform yang ingin kita masuki untuk berjualan.

Semoga postingan ini bermanfaat untuk Anda yang membutuhkannya 🙂 karena kalau Anda ingin mendapatkan jawaban 100% jelas atas pertanyaan Anda diatas, maka saya harus bikinkan makalah 25 lembar untuk Anda atau melakukan kursus intensif kepada Anda selama 1 bulan agar Anda jadi paham hal ini saja, hehe...

Sampai jumpa di postingan selanjutnya & salam B2523GI :):)

About the Author

Halo, Saya Riki Yohanes seorang online entreprenuer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan lebih memahami digital marketing dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa meningkatkan omset bisnisnya 3x lipat dengan menerapkan strategi digital marketing yang telah terbukti efektif.

Leave a Comment:

Leave a Comment:

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield