Nilai – Nilai Hidup Yang Saya Yakini, Dapatkan, Jalani & Terus Kumpulkan

By Riki Yohanes | Life

Nov 05

Setiap manusia menjalani kehidupan yang sangat unik dan berbeda satu diantara yang lain sejak lahir sampai saat ini.

Hal ini tentu membuat setiap orang memiliki nilai - nilai yang dipercaya, dianut dan dijalankan oleh seseorang, dan biasanya orang - orang yang memiliki nilai hidup yang sama, bergabung menjadi satu kesatuan akan membentuk sebuah team yang solid, kokoh dan berprestasi dalam hidup

Jadi hari ini saya ingin sharingkan beberapa nilai hidup yang selama ini saya pegang dan jalankan. 

Postingan ini juga akan terus diupdate ketika saya menemukan nilai - nilai hidup lainnya seiring dengan berjalannya waktu.

Saya sharingkan ini dengan harapan agar Anda yang membacanya mendapat gambaran yang lebih banyak tentang hidup dan juga merefleksikannya kepada diri Anda sendiri apakah nilai anda sama seperti saya? dan apabila berbeda, anda juga bisa renungkan mengapa anda meyakini hal tsb dan saya meyakininya sebagai suatu pendangan yang berbeda.

At the end, semuanya berujung pada sesuatu yang positif dan baik untuk semua 🙂

Inilah nilai - nilai hidup saya:

- Saya tidak mengumpulkan dan menyerap sekedar informasi, tapi saya mengambil & menyerap informasi yang dapat membuat transformasi dalam hidup.

- Pagi hari setelah bangun dari tidur adalah saat paling efektif dan optimal untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan paling banyak energi dan fokus, sehingga semua kegiatan yang memerlukan effort besar, diprioritaskan pada pagi hari dan kemudian kegiatan yang lebih bersifat operasional dilakukan siang menjelang sore (Time priority & management).

- Pertahankan dan tingkatkan kualitas jasmani dan rohani. Jasmani: dengan cara menjaga tubuh agar tetap tampil segar bugar berenergi, yaitu olahraga di gym / berenang. Setelah olahraga, tubuh anda otomatis menjadi lebih bugar dan siap bekerja.

Rohani: dengan cara melakukan afirmasi berulang kali tentang pentingnya gratitude, dengan tujuan menetapkan state positif pada diri sendiri, karena gratitude dan fear tidak dapat muncul secara bersamaan.


- Mental  & Mindset seseorang itu berperan teramat penting. Ketika di sekeliling Anda adalah orang - orang yang memiliki mental dan mindset yang "rusak", maka sehebat apapun Anda... mereka tetap akan berprasangka "negatif" dan ragu akan kesuksesan yang Anda ingin raih, BAHKAN ketika Anda telah sukses sekalipun, orang - orang bermental dan memiliki mindset "rusak" ini tetap saja akan menyampaikan hal - hal negatif yang tidak supporting terhadap apa yang Anda lakukan (even when you already success, they will always keep put negative thought on you)

Oleh karena itu muncul quote bahwa "Anda adalah orang - orang disekeliling Anda".

Seberapa kerasnya Anda berusaha untuk sukses, akan tetapi ketika orang - orang  terdekat Anda bermental dan mindset "rusak", i guarantee you will be DROP!

----> Contoh kasus orang bermental "rusak":

Dalam hidup ini saya beberapa kali bertemu dengan orang - orang bermental "rusak", dan pada suatu kesempatan... dengan sengaja saya melakukan beberapa test dalam kurun waktu berbeda kepada 1 orang ini...

Dia bertanya - tanya tentang digital marketing, dan setelah saya jelaskan menyeluruh dan sangat jelas... dia sangat tertarik dan bertanya berapa harga saya untuk melakukan servis tsb? dan di kesempatan pertama waktu itu (sewaktu saya baru memulai bisnis) saya berikan dia harga cukup murah karena saya pikir juga nanti bisa menjadikan kesempatan ini sebagai portfolio saya di awal saya merintis usaha jasa ini, dan dia menolaknya karena dia ragu dengan skill saya.

3 tahun kemudian, usaha saya berkembang baik dan kami kembali bertemu. Saat itu dia tertarik lagi terhadap jasa saya dan kembali menanyakan hal yg serupa yaitu 'berapa harga jasa servis saya untuk digital marketing?' dan kali ini saya berikan dia harga yang 'lebih tinggi' karena saat itu usaha saya sudah berjalan baik dan banyak hal yang saya urus sekarang sehingga saya tidak lagi bisa charge harga murah seperti dulu...

Anda tahu apa yang dia katakan? "Wah... harganya tinggi ya, gak bisa lebih murah lagi?? kasih diskon lah bro..."

Anda bisa lihat bukan cara berpikir orang bermental "rusak"... dulu saya berikan harga murah dia tolak, dan sekarang saya kasih harga tinggi pun juga dia tolak padahal saya tahu persis dia membutuhkan jasa tsb dan bisnis dia akan terbang kalau dia menerapkan apa yang saya infokan tsb, saya optimis sekali.

Dan kalaupun akhirnya saya kurangkan harganya dan dia setuju, maka saya TIDAK akan bekerjasama dengan dia, 100% sure about it. Mengapa? karena ketika saya bekerjasama dengan orang bermental spt ini, maka saya hanya akan dapat lebih banyak susahnya daripada rejekinya... saya tidak bisa bayangkan bagaimana saya bisa bantu besarkan bisnis dia kalau sedikit - sedikit dia sll komplain bilang mahal dll.. (saya sudah bisa tahu karakter orang sejak berbicara dengan seseorang)

Anda bisa lihat bahwa sekali orang sudah bermental poor, chances are he will carry it forever in his life, unless he change!  Tapi jujur saja saya katakan jarang sekali orang yang bisa berubah, karena yang namanya karakter dan mental itu sudah ditanam dan dipupuk sejak kecil... So really be carefull with your mindset and mentality!


- “Be careful the environment you choose, for it will shape you; be careful the friends you choose for you will become like them.” ― W. Clement Stone

- “Iceberg Theory of Success”

The “Iceberg Theory of Success” helps us to realize that every famous or extraordinary successful person had to invest a lot of effort and work until this person achieved his goals.

Having this in mind we can avoid having too high expectations towards an outcome that we want to achieve, but it also allows us to be more persistent, as we can clarify ourselves that we have to do whatever it takes to succeed.

- Sangatlah lucu ketika ada seseorang yang tidak sukses dalam hidupnya, lalu memberikan nasehatnya kepada Anda dan Anda dengarkan.

Kemudian Anda selalu bertanya - tanya "Mengapa saya tidak sukses ??" It because you learn and take advice from wrong kind of person. Atau kalau bahasa jaman now nya adalah "loe Salah Gaul" <--- kata master corbuzier

- Saya harus sadari dan pahami sepenuhnya bahwa, untuk sebuah transformasi dapat terjadi itu dibutuhkan implementasi / praktek disertai waktu dan proses, sehingga implementasi itu wajib dan sangat penting untuk dilakukan secara konsisten.

- “People don’t care how much you know until they know how much you care.” (Orang tidak peduli seberapa banyak Anda tahu sampai mereka tahu seberapa banyak Anda peduli).

- When you don't have proven process to sell, then you don't have proven process to scale

- The RIGHT mindset + The RIGHT skill set + The RIGHT Action = Guaranteed Success (Harus tahu rumusnya).

- Talk gets you nowhere, Action gets you everywhere. Are you a DOER or a TALKER?

- If your journey was not challenging, your destination could not be rewarded

- Ketika Anda tahu, akan tetapi Anda tidak melakukannya, maka itu berarti ANDA TIDAK TAHU.

- Kita harus tahu terlebih dahulu apa saja yang kemungkinan akan terjadi apabila kita melakukannya, dan manage ekspektasi tsb didalam pikiran kita terlebih dahulu sehingga ketika hal tsb sungguh terjadi, kita tidak akan terlalu kaget dan lebih dapat mengontrolnya karena sudah pernah diatur ekspektasinya di pikiran kita terlebih dahulu.

- Everyone want to eat, but not willing to hunt!

- If you DON'T LIVE it, you DON'T KNOW it. Kebanyakan orang bilang bahwa mereka tahu, tapi sebenarnya mereka tidak tahu apabila mereka tidak / belum menjalaninya

- If you are pretty damn good, then you are making a really good money.

- Your past don't have to dictate your future.

- You don't solve your financial problem by saving, you solve your financial problem by increasing your income.

- Making a six figure income is not difficult. It is different and it works.

- You can either make money or excuses.

"Your beliefs become your thoughts,
Your thoughts become your words,
Your words become your actions,
Your actions become your habits,
Your habits become your value,
Your value become your destiny" - Mahatma Gandhi

- Orang yang punya energi besar, biasanya akan punya income besar. 

- Success person is a high performance person.

- One person with a belief is equal to a force of 99 persons who only have interest.

- Bisnis itu harus diamati dan diperlakukan dengan tepat. Menjalani 1 bisnis dengan pendekatan A, kemudian gagal... maka kita harus coba lagi dengan pendekatan B. Kalau B gagal lagi, maka kita amati, koreksi dan coba lagi dengan pendekatan C,D,E dst sampai suatu saat (tergantung awareness level seseorang) kita melakukan pendekatan Y, maka bisnis itu berhasil

Bisnis itu mirip dengan analogi arah mata angin. Kita tahu arah mata angin itu ada banyak, saya sendiri tidak hafal semuanya, hehe.. nah... biasanya yang orang lakukan adalah dia hanya TAHU nya klo berbisnis itu arah mata angin (banyaknya mencoba) itu hanya ada 4, misalnya arah mata angin itu cuma taunya selatan, utara, barat dan timur, jadi dia coba 4x dan ketika gagal ya menyerah.

Padahal untuk 1 bisnis bisa sukses itu, arah mata anginnya masih ada 12 lagi arah mata angin (pendekatan) yang belum dicoba jalankan dengan melakukan pendekatan dari arah yang berbeda (sama seperti penjelasan saya diatas tentang pendekatan ABC etc...)

Pertanyaan saya ke Anda adalah "klo saat ini anda coba berbisnis dan gagal, sudah berapa mata angin yang anda lakukan ??"

- Problem kebanyakan orang itu adalah tidak tahu. Sudah tahu, belum tentu percaya. Sudah tahu dan mungkin percaya, belum tentu mau melakukannya. Sudah melakukannya dan gagal, belum tentu mau mengulanginya.

- Tampak luar (penampilan) Anda tidak mungkin mengungguli personal image dalam diri Anda.

- Segala sesuatu di dunia ini bersifat netral untuk kita yakini dan miliki, sehingga setiap hasil yang kita dapatkan berasal dari apa yang kita yakini dalam diri kita.

- Human is creature of habits.

- Tuhan adil dengan memberikan kita semua talenta sejak lahir dan kehendak bebas kepada setiap manusia untuk mengembangkan potensi diri yang telah Tuhan tanamkan.

- Sadari dan mengerti bahwa untuk menjadi sebuah pisau yang tajam, diperlukan waktu, proses, tenaga untuk mengasahnya sampai suatu waktu pisau tersebut menjadi sangat tajam dan sanggup membelah apapun juga.

- Makna dari istilah "Take Care Your Enemy"

*Cara berpikir manusia yang belum mengerti istilah diatas, pada umumnya adalah seperti dibawah ini:

Bukankah kita harus jadi orang yang sangat kuat agar bisa mengalahkan musuh tsb?

Ketika anda Takut, tidak percaya diri, maka yang anda pikirkan adalah anda berusaha cari cara menjadi kuat untuk mengalahkan musuh anda tsb


Akan tetapi, setelah anda menyadari apa yang bisa anda lakukan dengan senjata powerful yang Anda pegang di tangan Anda / tau persis kapasitas hebat di dalam diri Anda, dan  anda tahu bahkan Anda bisa saja "mematikan" musuh anda dengan senjata powerful Anda tsb,  maka anda pasti akan jauh lebih berhati - hati (wiser) dalam menggunakannya

Seperti apabila kita analogikan dalam ilmu bela diri, saat anda tahu bahwa anda menguasai tinju / pukulan yang dapat mematikan orang tsb hanya dalam 5x pukulan, maka anda hanya akan memukulnya dengan tangan kanan anda sebanyak 2x saja sembari memegang kepalanya dengan tangan kiri anda sehingga anda MENJAGA dia agar kepalanya tidak jatuh ke lantai dan bisa berdarah sampai mati.

Ketika anda sudah memiliki self sufficient / self esteem yang baik dan anda tau kapasitas anda secara penuh, maka anda berpikir 2-5x kedepan dan menjadi tahu bahwa anda tidak perlu mengalahkan musuh anda tsb, dan yang perlu anda lakukan adalah menjaga orang tsb dan menuntunnya ke arah yang lebih baik lagi.

- There is no reason for me to recieve your money when you don't get the value from me, coz i believe money is the way you appreciate others people value who already help you to become a better person.

About the Author

Halo, Saya Riki Yohanes seorang online entreprenuer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan lebih memahami digital marketing dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa meningkatkan omset bisnisnya 3x lipat dengan menerapkan strategi digital marketing yang telah terbukti efektif.

Leave a Comment:

Leave a Comment:

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield