Mengapa Pada Akhirnya Saya Diharuskan Membangun Blog Ini?

By Riki Yohanes | Life

Jun 21

Mungkin beberapa dari anda setelah membaca judulnya, berkata demikian "koq kesannya bangun blog seperti terpaksa banget karena di judulnya ada kata "harus" nya?" hehe...

Yes betul, sedikit banyak saya merasa semakin "tergencet" dengan situasi sehingga merasa terpaksa juga, hehe.. tapi kata "tergencet / terpaksa" diatas itu bukan berarti saya dipaksa melakukan apa yang tidak saya mengerti ya, melainkan justru hal ini sangat penting dan sangat saya sukai.

Disini, saya akan bercerita tentang alasan apa yang membuat saya akhirnya harus serius untuk menekuni bidang yang dinamakan "blogging" ini.

Mungkin sebagian besar orang masih melihat, apa yang saya sampaikan ini sebagai sesuatu hal yang belum lazim / tidak perlu dilakukan, tapi sejak pertama kali saya mendalami dunia internet marketing di tahun 2009, saya mulai melihat pentingnya untuk melakukan aktivitas blogging dan seiring dengan berjalannya waktu, saya semakin tersadarkan bahkan sudah merasakan dampak dari aktivitas blogging saya, tetapi tetap saja saya tidak mau seriusi blogging ini karena alasan klise seperti tidak ada waktu, kuatir disangka cari duitnya dari blogging (walaupun gak ada salahnya toh), sibuk urus usaha yang sudah berjalan & menghasilkan, dan lain sebagainya...

Notes: Bagi anda yang belum mengetahui apa arti dari blogging, maka ijinkan saya mendefinisikannya kepada anda secara mudah ya.

Blogging itu adalah sebuah aktivitas dimana anda membuat sebuah website dan secara rutin anda memberikan konten ke dalam website tersebut. Kontennya bisa bermacam -macam bentuknya, seperti teks, gambar dan juga video.

Lalu apa saja yang anda masukkan ke dalam website itu?

Bisa bermacam - macam topik kontennya, dan biasanya tergantung tujuan dan bidang yang anda tekuni, misal anda menekuni bidang kedokteran, biasanya anda akan menuliskan berbagai macam artikel tentang kedokteran seperti review tentang obat tertentu, penyakit tertentu dan juga cerita / pengalaman anda sendiri. Apapun jenis kontennya, tidak ada batasan.

Itulah definisi sederhana dari "blogging" ya.

Oleh karena itu khusus di artikel kali ini, saya akan beberkan alasan - alasan apa yang menggencet saya agar segera mengalokasikan 70% waktu, tenaga dan pikiran saya untuk menekuni dunia blogging? dan seberapa urgent nya sich blogging tersebut untuk anda dan juga saya?

OKE. alasan yang pertama adalah...

1. Dunia Online Itu Semakin Ramai & Penuh

Sekitar 3 tahun yll dimana saya baru memulai usaha online, saya merasa peluang keberhasilannya masih sangat besar.

(Saya tidak mengatakan saat ini peluangnya sudah sangat kecil, please don't take me wrong)

Ibaratnya seperti di jaman tahun 1970 an dimana kalau anda pada waktu itu ingin membuka bisnis, tinggal buka toko saja maka hampir dipastikan dagangan anda akan laris dan toko anda berkembang pesat dalam waktu relatif singkat.

Saya bukan sedang bicara asal saja ketika saya barusan bilang peluangnya masih besar, karena saya sendiri sudah menjalankan dan mendapat hasil yang cukup baik hanya dengan start pada saat yang tepat, dimana online itu baru mulai berkembang (waktu itu di tahun 2011)

Akan tetapi saat ini (tahun 2015), dunia online sudah mulai sesak dipenuhi oleh banyak sekali penjual yang memasarkan barang dagangannya via online sampai - sampai banyak perusahaan raksasa dari luar masuk ke indonesia untuk berinvestasi besar - besaran walaupun saat ini mereka masih merugi, tidak apa - apa bagi mereka.

Itu artinya apa? ada 2 arti, yaitu:

1. Arti Positif: indonesia dilirik sebagai market yang memiliki potensi besar di mata dunia.

2. Warning Alert: akan semakin banyak orang yang masuk ke online, menyebabkan tingkat persaingan di online semakin kompetitif dari hari ke hari!

Mengapa saya bilang tingkat persaingannya makin kompetitif "dari hari ke hari"? karena untuk masuk ke dunia online itu tidak sesulit ketika anda ingin terjun bisnis di dunia offline, jadi dalam hitungan hari saja hampir setiap orang bisa membuka bisnisnya di online.

Modal yang diperlukan untuk membuka usaha di online itu terbilang sangat minim. Saya kasih contoh: saat ini anda bisa buka toko online secara gratis di tokopedia dalam hitungan menit, memasang produk - produk anda disana tanpa perlu memiliki stok yang berlebihan, bahkan anda bisa hanya berperan sebagai dropshipper saja dimana ketika terjadi penjualan, baru kemudian anda minta supplier produk anda untuk langsung kirimkan kepada pembeli anda tanpa anda harus pegang stok barang ataupun repot packing barang.

Cukup gila bukan... dunia online itu? Anda bisa bayangkan dalam 3 tahun terakhir saja sudah banyak sekali perubahan yang terjadi di online, seperti munculnya startup2 besar yang langsung merajai market indonesia.

Contohnya:
Bilna.com - kategori perlengkapan ibu dan bayi
Lazada.com - kategori elektronik
Zalora.com - kategori fashion
OLX.com - kategori situs iklan baris
Tokopedia.com - kategori marketplace
Bukalapak.com - kategori marketplace
Berrybenka.com - kategori fashion wanita
Gojek.co.id - layanan ojek, kurir online berbasis aplikasi android

Dan masih sangat banyak startup lainnya yang saat ini sedang berkembang dengan sangat pesat walaupun namanya belum kedengaran di telinga kita, bahkan startup sudah sampai masuk ke dunia kedokteran seperti:

KlikDokter.com - portal kedokteran dan konsultasi online
Dokter.id - portal kedokteran dan konsultasi online
Practo.com - situs untuk cek hasil laboratorium anda

Lalu... dengan semakin tingginya tingkat persaingan di online, apa yang seharusnya anda dan saya lakukan agar dapat survive / bertahan hidup di lingkaran persaingan yang tinggi ini? apa yang membuat visitor / orang- orang akan memilih produk / jasa anda dibandingkan kompetitor lainnya terutama mereka yang memiliki power, skill dan dana yang sangat besar?

Saya meyakini bahwa blogging adalah salah satu cara agar anda dan saya dapat exist / tampil di online.

Dengan blogging, maka setiap visitor yang masuk ke blog anda akan lebih mengenal rekam jejak anda & mengetahui perjalanan / kredibilitas anda selama ini, sehingga anda akan jauh lebih mudah bekerjasama dengan mereka di masa mendatang.

Mengapa bisa begitu? saya jelaskan di poin ke 2 dibawah ini.

2. Pentingnya TRUST Untuk Berbisnis Di Masa Depan

Semua pasti setuju ketika saya bilang bahwa TRUST itu penting dalam kerjasama bisnis, tapi yang saya maksud TRUST disini lebih menunjuk ke pengertian yang spesifik daripada TRUST secara umum dalam berbisnis

Saya coba ilustrasikan yah 🙂 misalkan ada Budi, seorang pengusaha yang memproduksi jas pengantin pria. Sejak dunia online mulai booming, Budi ingin juga agar dapat memperbesar sayap usahanya melalui internet.

Budi ingin membuat website dan beriklan di internet, lalu dia searching di google dan menemukan blog anda yang membahas topik tentang "Jasa buat website & beriklan di online" misalkan.

Nah... menurut anda, apa yang membuat Budi yang tadinya tidak kenal anda sama sekali, sampai pada akhirnya Budi setuju dan ingin menggunakan jasa anda? dan bukan jasa orang lain di internet?

Biasanya jawaban yang keluar adalah karena beberapa hal, diantaranya:
- PERCAYA (TRUST) dengan hasil kerja anda
- PERCAYA (TRUST) dengan sosok anda
- Cocok dengan harga anda
- Nyaman dengan anda

Betul ya? nah... masalahnya kalau di dunia offline, untuk menumbuhkan rasa TRUST seseorang yang baru pertama kali tau anda (mis: Budi) sangat sulit ya karena manusia memiliki kecenderungan untuk lebih hati - hati dibandingkan lebih percaya, apalagi di dunia yang semakin hari semakin banyak berita tidak sedap yang muncul.

Tapi dengan adanya blogging ini, anda dapat memanfaatkan konsep ini untuk menumbuhkan rasa TRUST si Budi (atau siapapun visitor anda) kepada anda dalam 1x waktu kunjungan Budi ke blog anda

Masa..?? Caranya bagaimana yah?

Iya benar. Caranya adalah dengan menjelaskan semua hal yang dibutuhkan Budi agar percaya kepada anda, di blog anda tersebut.

Mengapa cara itu sangat powerfull?

1. Karena hampir dipastikan Budi ketika datang ke website anda, dia secara inisiatif akan membaca seluruh isi dari blog anda untuk meyakinkan dirinya sendiri (Budi) bahwa anda itu adalah orang yang tepat bekerjasama dengannya (Budi)

2. Anda hanya perlu caritau permasalahan utama apa saja yang ada di pikiran klien (Budi) ketika ingin berbisnis dengan anda? ketika anda tau itu, dan anda jelaskan semua di blog anda maka tidak akan ada keberatan lagi bagi Budi karena Budi merasa semua keraguannya telah dijawab oleh anda di blog anda

Dan powerfullnya adalah: Biasanya keraguan yang dimiliki seeorang, yah itu - itu saja.

Misalkan:
Budi / siapapun yang ingin bikin jas pengantin, biasanya pertanyaannya / keraguannya adalah seputar itu - itu saja, seperti:

- jenis dan harga bahan yang dipakai
- apa saja kesulitan saat membuat jas yang bagus
- apa yang membuat harga jas bisa murah dan mahal
- bukti jas - jas yang pernah diproduksi
- servis seperti apa yang diberikan
- ingin tau testimonial orang yang sudah pernah bikin jas di anda

Sehingga anda hanya perlu membuat penjelasan / jawabannya dengan lengkap, 1x saja di blog anda dan ketika blog anda iklankan, setiap prospek yang datang kepada anda akan merasa keraguannya terjawab di blog itu, tanpa anda perlu jelaskan berulang kali kepada setiap orang berbeda yang datang ke toko anda (seperti yang biasanya dilakukan oleh orang - orang di offline, dimana mereka menjaga tokonya dari pagi - malam, menjawab pertanyaan yang cenderung sama, dari orang - orang yang datang ke toko, sampai - sampai biasanya mereka (pemilik toko) menjadi kesal sendiri karena terlalu capek melayani banyak pengunjung yang berbeda - beda tapi yang beli hanya sedikit, hehe..)

Konsep blogging menjadi sangat powerfull karena efek "Once For All Leverage" yang dihasilkannya, yaitu bikin 1x untuk semua visitor / prospek anda.

3. Konsep "Authority Leverage" Yang Sangat Powerfull

Anda dan saya sama - sama ketahui bahwa pada umumnya orang ingin bekerjasama dengan anda ketika mereka mengetahui bahwa anda adalah orang tepat bagi mereka.

Artinya apa? artinya mereka yakin bahwa anda adalah orang yang sudah memiliki reputasi yang baik selama ini dan sangat kompeten di bidang yang anda tekuni itu sehingga mereka tidak ragu bekerjasama dengan anda dalam bidang yang anda kuasai tersebut (misalkan jasa pembuatan website pada contoh diatas)

Nah... berarti tugas anda hanyalah perlu untuk menunjukkan kepada mereka bahwa anda memang orang yang tepat, dan memiliki reputasi yang bagus di bidang yang anda tekuni.

Semakin hari anda bekerja, seharusnya semakin bagus pula reputasi anda. Tapi biasanya reputasi anda ini tidak diketahui orang lain, ketika anda berbisnis di dunia offline karena di dunia offline sifatnya sangat personal atau bertemu empat mata yaitu antara anda dengan klien.

Nah beruntungnya di online, anda dapat memanfaatkan blog anda untuk selalu mencantumkan setiap perjalanan / kisah / reputasi yang telah anda peroleh selama ini, mulai dari project pertama sampai project anda saat ini... sehingga prospek yang datang ke blog anda semakin hari semakin yakin bahwa anda adalah orang yang tepat untuk diajak kerjasama karena reputasi yang sudah anda bangun di blog anda itu dan dapat dilihat oleh setiap orang yang berkunjung ke website anda.

Konsep sederhana bukan, namun sungguh powerfull sekali apabila anda terapkan ini.

Dengan konsep seperti ini maka seiring dengan berjalannya waktu, anda akan dikenal sebagai pihak authority di dalam bidang yang anda tekuni tersebut... dan semakin hari nama anda semakin dikenal / direferensikan oleh lebih banyak orang dan bisnis anda tidak terbendung lagi kedepannya seperti efek bola salju.

Inilah yang saya namakan "Authority Leverage" dari aktivitas blogging.

Itulah 3 alasan utama mengapa saya merasa "tergencet" untuk segera melakukan aktivitas blogging.

Perlu anda ketahui bahwa perubahan yang terjadi di online saat ini tidaklah sama kecepatannya seperti perubahan yang terjadi di offline.

Saya ingin bilang bahwa perubahan di online ini terlalu cepat sekali, hanya dalam hitungan bulan anda sudah dapat merasakan dampaknya apabila anda berusaha dengan serius.

Tidak perlu waktu lama untuk seseorang menjadi superkaya saat ini dengan menggunakan teknologi internet.

Anda tentunya sudah sering mendengar bagaimana banyak orang yang saat ini nasibnya berubah semenjak kehadiran internet, hanya dalam hitungan 1-2 tahun saja.

Apabila anda tidak cepat tanggap, saya yakin dalam 3 -5 tahun kedepan bisnis anda akan tergerus arus online. Jadi lebih baik mulai bergerak di online sekarang atau tunggu tergerus baru mau mulai bergerak? hehe...

Akhir kata, saya jelaskan 3 alasan diatas untuk 2 tujuan, yaitu:

1. Meyakini diri saya agar segera seriusi blogging sebagai salah satu bidang penting untuk ditekuni apabila saya ingin sukses besar di masa depan

2. Mencoba memberikan anda sebuah insight baru, bahwa dengan melakukan aktivitas blogging, anda bisa lebih sukses dalam waktu relatif lebih cepat dikarenakan konsep "authority leverage" dari blogging dan bantuan internet yang memotong batas waktu dan wilayah secara signifikan.

Finally...?? Semoga postingan ini jelas dan bermanfaat untuk anda & untuk saya, sepertinya mau tidak mau saya HARUS menekuni blogging ini, he.. he..

Thanks a lot for reading this article, really appreciate it. (bila anda berkenan dan merasakan manfaat dari artikel ini, boleh tuliskan komentar dibawah yah, thanks)

About the Author

Halo, Saya Riki Yohanes seorang online entreprenuer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan lebih memahami digital marketing dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa meningkatkan omset bisnisnya 3x lipat dengan menerapkan strategi digital marketing yang telah terbukti efektif.

Leave a Comment:

Leave a Comment:

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield