Dia Yang Mengerti, Dialah Yang Beruntung & Lebih Cepat Sukses

By Riki Yohanes | Life

Okt 01

Selamat Subuh Dari R1KI,

Bangun subuh ini saya mantap ingin menulis postingan tentang 1 topik yang pasti dilakukan oleh setiap orang super sukses di dunia ini.

Topik ini sudah lama ingin saya bicarakan di blog ini, dan akhirnya subuh ini terealisasi.

Dia yang mengerti tentang makna dibalik kata "MENTOR", maka dia lah yang beruntung dan lebih cepat sukses.

So the keyword is:

MENTOR

Agar persepsi kita sama dan searah, terlebih dahulu saya berikan definisi Mentor menurut saya.

MENTOR adalah:
Seorang yang sudah terlebih dahulu sampai di titik sukses yang kita inginkan, dan membagikan pengalaman pribadinya (sukses dan gagalnya), mengajarkan ilmu pengetahuan (skill, knowledge, wisdom, etc), sekaligus memotivasi kita untuk mencapai titik tersebut.

Mungkin diantara Anda ada yang berpikir Mentor itu sama seperti seorang guru, dosen, guru private, teman sukses, om / tante yang seringkali memberikan nasehat, tapi bukan itu yang saya maksudkan di atas.

Ketika Anda memiliki seorang Mentor, itu artinya seperti Anda melihat pribadi sukses Anda sendiri berada di Mentor tsb.

Jadi mungkin bisa saya katakan sosok Mentor yang ideal itu sebenarnya adalah sosok diri Anda di masa depan (ini adalah Mentor ideal menurut saya).

Sehingga dengan banyak belajar dari Mentor, maka logika, cara berpikir, cara bertindaknya Anda akan menjadi sama persis dengannya dalam hal yang Anda inginkan, tanpa perlu mengalami kegagalan yang dialami Mentor Anda tentunya, dan sudah seharusnya  hasil yang Anda peroleh adalah sama dengan Mentor Anda bukan.

Lalu, apakah kita perlu seorang Mentor untuk mencapai titik sukses yang kita inginkan?

Bagi saya pribadi, kita 100% wajib punya Mentor. (Anda boleh setuju atau tidak setuju dengan hal ini)

Mengapa saya dan Anda 100% wajib punya Mentor? 2 alasan utama, yaitu:

Alasan 1: Dunia Semakin "Kacau" (Distraction tinggi, teknologi berubah, kompetisi tinggi)

Kita sama - sama tahu bahwa di jaman now ini sudah banyak hal yang mengalami perubahan, terutama sejak adanya teknologi yang dinamakan internet.

Dengan internet, siapa saja dapat mengakses informasi apa saja dari mana saja dan kapan saja, tanpa batasan waktu dan lokasi.

Fenomena ini saya katakan sebagai keajaiban dunia ke 9 (keajaiban dunia ke 8 adalah "compound interest", apabila anda belum mengetahuinya), karena sudah sangat banyak nasib orang yang berubah sejak hadirnya internet dan sekarang juga kita dapat merasakan gaya hidup masyarakat Indonesia sudah banyak berubah dibandingkan jaman tahun 1990 - 2005 (sebelum internet hadir & berkembang)

Akibatnya adalah saat ini terjadi "overload information" dimana di internet juga bermunculan banyak sekali informasi "sampah" dikarenakan sangat mudahnya seseorang membuat / membagikan informasi.

Kalau kita tidak pintar - pintar dalam memilah dan menyortir informasi, maka kita sendiri yang akan menjadi korban internet yang selalu cari - cari info kemana - mana di internet yang berujung tidak action apapun karena overwhelming information.

Dengan adanya Mentor yang sudah berada jauh diatas kita, maka dia telah mengalami semua itu dan berhasil melewatinya dengan pola berpikir, pola bekerja yang terbukti berhasil.

Teknologi berubah dengan sangat cepat mengakibatkan banyak orang - orang baru yang mau belajar, akan dengan mudah menyalip orang yang malas karena setiap ada  perubahan teknologi pasti akan ada peluang untuk menghasilkan uang disana.

Dengan adanya internet dan perubahan teknologi yang cepat mengakibatkan tingkat kompetisi di dunia bisnis bergerak semakin tinggi, karena siapapun yang rajin akan dengan mudah mempelajarinya di internet dan menggunakan teknik terbaru untuk "mengalahkan" kompetitornya, dan hal ini sudah terjadi.

Anda tentu tahu berapa banyak toko - toko besar di mall satu per satu tutup buku, disertai dengan kemunculan marketplace - marketplace besar di Indonesia.

Fenomena ini ingin berbicara bahwa: yang pintar dan melek teknologi akan mengalahkan yang bodoh karena malas dan tidak mempelajari teknologi terbaru.

Satu contoh sederhana yang saya alami sendiri di sekitar bulan Mei 2018. 

Suatu pagi jam 11:00 am, saya berjalan kaki dari mall central park ke taman anggrek untuk mendatangi counter smartfren di lantai 4 MTA (Mall Taman Anggrek).

Tiba disana, saya heran karena seluruh bagian belakang di MTA ditutup gipsum, termasuk toko smartfren.

Saya tanya ke security, tokonya pindah kemana dan security bilang tokonya tidak pindah tapi sudah tutup. 

Artinya seluruh toko di bagian belakang MTA (daerahnya dept store matahari dulunya, di seluruh lantai) sudah tutup dan katanya sedang dikerjakan proyek lain, sekilas terdengar akan dijadikan lobby besar di area tsb (saya belum tahu pasti).

Saya cukup kaget mendengar hal itu, tapi saya jauh lebih kaget lagi ketika saya sedang mutar - mutar di dalam MTA mencari security, saya menemukan puluhan toko yang kosong, dan benar - benar tutup (ditutup gipsum & tidak ada vendor yang mengisinya) dan tragisnya toko - toko yang tutup itu berlokasi di area - area prime dalam mall tsb (ada yang dekat lift utama mall).

Saya benar - benar kaget mall sebesar itu dan sangat terkenal saja bisa terkena imbas sangat besar dari kemajuan teknologi internet dan mungkin saja karena telat mengantisipasinya, jadi terlanjur banyak vendor / merchant yang merasa berat menyewa / memperpanjang masa sewa dan akhirnya menutup tokonya.

Lalu bagaimana dengan Anda? sudah gemetar, merinding atau masih keep calm? hehe..

Alasan 2: Percepatan Perbaikan Terhadap "Kebodohan"

Ini alasan yang paling saya sukai. Yang saya maksud "kebodohan" diatas adalah kesalahan - kesalahan saya yang saya lalui sendiri karena saya tidak mengerti caranya dan itu memakan waktu yang cukup lama.

Anda perlu tahu dan sadari bahwa untuk "Naik Kelas" ke level yang jauh berbeda dari level Anda sekarang ini, TIDAK BISA dilakukan dengan "Cara" pikir, "Cara" kerja, metode yang Anda dan saya lakukan saat ini di level sekarang ini.

Banyak orang yang salah memaknai hal ini, mereka bilang ingin sukses, sudah kerja keras, tekun, rajin bangun pagi, disiplin tapi faktanya masih banyak orang yang telah melakukan hal - hal tsb  tapi tetap tidak menghasilkan sesuai yang diharapkan dan pada akhirnya frustasi sendiri.

Bagi saya pribadi, jelas sekali bahwa untuk mencapai level baru yang kita inginkan, TIDAK MUNGKIN BISA dilakukan dengan "Cara" yang kita lakukan di level sekarang.

Anda tidak mungkin dapat ribuan ikan dalam sekali tangkap dengan menggunakan alat pancing yang Anda pakai selama ini. 

Anda harus ganti alatnya dengan menggunakan kapal besar dan menebar jaring besar seluas - luasnya di lautan yang banyak ikannya. Make Sense?

Pernah dengar definisi "GILA / INSANITY"?
"Insanity is doing the same thing over and over again and expecting different results."

Nah selama ini saya anggap diri saya "bodoh" karena saya ingin belajar semuanya sendiri, makan asam garam semuanya sendiri. 

Bukannya tidak bisa sukses, tapi ketika saya makan asam garam semua sendiri dan akhirnya mungkin sukses juga, masalahnya saya mungkin sudah berusia 70 tahun saat saya sukses dan saya pun tidak bisa menikmati semuanya lagi pada saat itu.

Jadi kalau Anda sadari lebih dalam, maka kita sebenarnya sedang berpacu dengan waktu / lama kita hidup di dunia ini, dimana average nya adalah selama 80 tahun dan 20 tahun dari 80 tahun tsb sudah hampir dipastikan tidak dapat kita kontrol karena selama 20 thn tsb kita sedang dalam masa pertumbuhan yang dikontrol oleh orangtua kita.

Artinya waktu yang dapat kita kontrol bukan 80 tahun tapi sekitar 60 tahun saja.

Oleh karena itu kita harus benar - benar tahu "Cara" paling efektif, cepat, dan bijak untuk mencapai level sukses kita. Apakah hal ini pernah terlintas di pikiran Anda? Better YES.

Nah.. dengan adanya Mentor, Dia telah melewati semuanya itu dan telah sampai ke titik sukses yang kita inginkan. 

Oleh karena itu, sangat masuk akal ketika kita mendapatkan arahan dari Mentor, kita akan jauh lebih cepat sampai (accelerated) dengan belajar dari pengalaman sang mentor.

Itulah 2 ALASAN UTAMA mengapa Anda dan saya butuh seorang Mentor.

Pada postingan selanjutnya saya akan berikan contoh konkrit yang terjadi pada diri saya.

Apa yang saya lakukan untuk menemukan Mentor saya, siapakah Mentor saya dan hasil apa yang saya alami sendiri setelah bertemu dan belajar dari Mentor saya.

Saya coba jelaskan dengan lebih rinci sehingga Anda dapat bayangan apa saja efek - efek yang dihasilkan dari belajar dengan Mentor yang tepat dan hasil - hasil signifikan seperti apa yang telah saya peroleh (not always about money, but surely you will get much money from this learning).

So many things i can share to you about this, because i'm too stupid before i meet my Mentor 🙂 

So better for you to stay watching on my website, coz what i'm gonna share to you is something that might really open your eyes & see the real world of success 😉 

Sampai jumpa dan semoga postingan ini bermanfaat untuk Anda.

Salam B 2523 GI / R 1 K I

Update:
Anda dapat baca postingan lanjutannya dengan klik disini. Terima kasih

About the Author

Halo, Saya Riki Yohanes seorang online entreprenuer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan lebih memahami digital marketing dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa meningkatkan omset bisnisnya 3x lipat dengan menerapkan strategi digital marketing yang telah terbukti efektif.

Leave a Comment:

Leave a Comment:

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield