Anda Berbisnis? Pastikan Anda Tahu Workshop Berkelas Dunia Ini!

By Riki Yohanes | Advertising

Okt 22

Baru saja tiba dari bandara soekarto hatta dan saya langsung sempatkan waktu untuk menulis postingan ini karena terlalu seru untuk dilewatkan 🙂

Jadi tepatnya 3 hari yang lalu dari tanggal postingan ini mulai dibuat, saya berangkat ke surabaya untuk menghadiri sebuah event workshop digital marketing yang diadakan oleh salah satu mentor saya di bidang digital marketing yaitu pak Sukarto.

Perjalanan saya ke surabaya kali ini sangat berkesan karena banyak hal super excited yang terjadi, oleh karena itu saya putuskan untuk sharing di postingan ini.

Workshop Digital Marketing yang saya hadiri kali ini adalah sebuah workshop yang dinamakan:

Digital Sales Funnel

Mungkin beberapa dari Anda bingung dengan arti dari judul tsb, tapi Anda ikuti dl saja ya nanti saya akan jelaskan tentang apa saja isi dari judul workshop diatas.

Workshop ini berlangsung di Hotel Ciputra - Surabaya, pada tanggal 19 - 20 Oktober 2018. 

Yang menarik perhatian dari workshop kali ini adalah karena workshop ini sebenarnya tidak direncanakan untuk ada sebelumnya, akan tetapi banyak permintaan berdatangan dari networknya klien - klien bisnis pak Sukarto selama ini, yang meminta beliau untuk mengajari lebih dalam tentang digital marketing.

Klien - klien bisnis yang selama ini telah berhasil dibimbing / di coaching oleh pak Sukarto, menceritakan tentang reputasi beliau dan success story yang mereka dapatkan setelah dibimbing oleh pak Sukarto, kepada komunitas / inner circle / jaringan bisnis elite mereka sehingga beritanya tersebar semakin luas di kalangan internal pebisnis dan ternyata mendapat respon yang sangat positif dari banyak perusahaan besar yang berada di dalam jaringan bisnis tsb dan meminta pak Sukarto untuk mengajari digital marketing secara lebih komprehensif kepada network bisnis tsb.

Acara dimulai pada jam 9 pagi, dan ketika Workshop baru dimulai, para peserta diminta untuk memperkenalkan diri: siapakah mereka dan apa kategori bisnis yang saat ini mereka jalankan dan saya cukup kaget saat mendengarnya karena network bisnis yang hadir saat itu bukan sembarang profil akan tetapi mereka semua yang hadir adalah owner langsung dari perusahaan - perusahaan besar yang sudah memiliki dan menjalankan bisnis tahunan bahkan puluhan tahun.

Sebagian peserta yang berasal dari industri F&B, dimana mereka masing - masingnya telah memiliki resto dengan 5 - 10 cabang yang tersebar di kota - kota besar di indonesia seperti bali, jakarta, surabaya, bandung, solo dan semarang. Nicee 🙂

Ada juga peserta yang merupakan authorized dealer dari beberapa kaca film mobil dan gedung yang pasti anda kenal kalau saya sebut merknya, ada yang merupakan salah satu produsen batik terbesar di solo, bahkan setelah saya berdiskusi dan ngobrol dengan mereka secara personal... ternyata banyak dari mereka ini memiliki beberapa bisnis sekaligus, tidak hanya 1 bisnis saja, hehe...

Yang uniknya lagi adalah hampir semua peserta - peserta yang datang, misalnya dari perusahaan A, itu tidak hanya ownernya sendiri yang datang tapi ownernya perusahaan A turut serta membawa beberapa orang  / timses hebatnya (marketing, finance, teknikal staff) untuk datang dan sama - sama belajar di event tsb, luar biasa bukan!

Sebuah komitmen dan kepercayaan sangat besar diperlukan disini. Saya pribadi akan berpikir beberapa kali untuk membawa beberapa anggota tim saya untuk belajar workshop bernilai premium ini apabila saya tidak yakin betul akan kredibilitas dari pembicaranya.

Acaranya berlangsung sangat luar biasa selama 2 hari full dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore (bahkan sampai molor2 waktunya karena banyak yang tanya - tanya), membahas tentang sebuah Digital Marketing Proven Framework yang sudah terbukti sangat efektif diterapkan kepada setiap bisnis yang ingin mendapatkan hasil luar biasa melalui sistem marketing di dunia digital.

Di dalam workshop DSF (singkatan dari Digital Sales Funnel) ini, beliau membedah 2 TOPIK terpenting tentang marketing di dunia digital saat ini, yaitu:

1. 13 Immutable Laws of Digital Marketing
, yaitu:
1. Know and Understand Your IDEAL Customer
2. Sell What People WANT TO BUY, NOT What You Want To Sell
3. People Do Business with People They KNOW, LIKE and TRUST
4. People love FREE things
5. People REMEMBER People that Continue GIVE VALUE to Them
6. It's NOT Just About Traffic, BUT Relevant Traffic
7. Find Your HOOK: Discover Your Strength and Uniqueness
8. CONVERSION Rate - Small Number That Make BIG Different
9. SCARCITY and URGENCY Make People Take Action
10. It's NOT about the PRICE, It's Always about VALUE
11. SOCIAL PROOF: It Is Easier and Safer to Follow What Others Do
12. Make People Take SMALL Commitment and PROFIT
13. Irrisistible OFFER: Create Offer that Makes People Can't Refuse


Saya sangat yakin semua ilmu digital marketing diluar sana sebenarnya merujuk kepada 13 hukum diatas baik secara langsung atau tidak langsung, karena 13 poin diatas adalah merupakan sebuah rangkuman dari perjalanan dan pengalaman beliau selama ini di bidang Digital Marketing.

2. 3 Level of Digital Marketing Proven System
, yaitu

Topiknya benar - benar keren banget dan saya sampai melihat banyak sekali peserta yang mukanya itu menunjukkan ekspresi terheran - heran dan matanya sampai terbelalak, dari mulai bingung sampai terkagum - kagum, sampai hampir semua peserta bilang kalau kepala mereka sampai ngebul - ngebul keluar asap karena kagum melihat dan baru menyadari bahwa ternyata selama ini ada sistem keren seperti yang diajarkan di dalam workshop, hehe..

Saya tidak akan bahas detail tentang isi dari workshop ini karena tentu saja tidak mungkin saya ceritakan semuanya di blog ini. Kenapa? ya karena 2 hari full saja juga saya yakin Anda tidak akan sanggup menyerap dan mempraktekkan semua ilmu nya yang super keren ini.

Oleh karena itu setelah workshop DSF berakhir, beliau (pak Sukarto) juga memberikan support system selama 3 bulan kepada setiap peserta berupa akses ke Forum Online dan juga Video Library yang berisikan seluruh materi penting yang dibahas selama workshop 2 hari tersebut + tutorial - tutorial teknis dan rinci yang perlu para peserta lakukan step by step.

Hampir semua peserta mengatakan bahwa apa yang diajarkan selama 2 hari tsb adalah sangat MIND BLOWING dan merupakan sesuatu yang benar - benar baru bagi mereka sehingga kami sadar bahwa mereka perlu diberikan sebuah sistem untuk mensupport mereka dalam hal teknis dan konsep selama 3 bulan kedepan setelah selesai dari workshop.

Pak Sukarto adalah sosok yang sangat detail dan memperhatikan akan pentingnya support kepada setiap peserta karena beliau tahu persis bahwa keberhasilan itu tidak didapat dalam waktu singkat melainkan dari serious action yang dilakukan secara konsisten.

Saya akan coba untuk sharingkan beberapa topik menarik dari workshop tsb di blog RY ini, jadi pastikan Anda selalu cek / kunjungi web ini ya untuk mengetahui lebih detail dan jelas tentang digital marketing karena apa yang saya tulis di blog ini adalah what i believe, do and prove along the way.

Setelah workshop berakhir, ya seperti biasanya saya sll mencoba berbagai jajanan kuliner yang menarik di sekitar surabaya, namun karena waktu yang sangat terbatas dan harus segera balik ke jakarta karena ada urusan lain yg menanti maka saya mencoba jajanan sembari perjalanan saja 🙂 hehe..

Oiya ada 1 hal lg yang berkesan dalam kunjungan saya ke surabaya. Saya datang ke surabaya kali ini dengan 2 orang teman saya dari jakarta dan semarang, dan kami bertiga dipersilahkan untuk menginap selama 2 malam di kediaman pak Sukarto yang saya bilang keren (elit pastinya) dan sangat nyaman untuk dihuni, sampai nyamannya... saya sll terbangun pagi subuh untuk sempatkan jalan - jalan pagi sekitar komplek perumahan beliau menikmati udara dan suasana pagi hari yang sangat nikmat plus mandangin rumah - rumah super megah dan keren di lingkungan tsb 🙂 (cuci mata)

Kemudian saya juga disajikan salad sayur yang sangat lezat sekali oleh istrinya beliau, begitu saya gigit saladnya rasanya beuh... enak pake banget dan bikin saya ketagihan dan menghabiskan 4 porsi salad dalam 2 hari tsb hehe... seriously the taste is really good and always make me want more for breakfast :):)

Dan ternyata istri beliau menjalankan bisnis salad ini dan menerima banyak pesanan untuk wilayah sekitar surabaya. Jujur saya tidak heran sich klo pesanannya sebanyak itu, wong saya baru pertama kali coba aja rasanya udah lengket banget di mulut sampai minta dan bersedia bayar 4 porsi hahaha...

When you go to surabaya, you should order it online with gojek and try it. Saya jamin rasanya enak POLL dan bakalan ketagihan dech hehe... ini penampakannya supaya Anda ngiler 🙂 visit juga ig nya @evenkitchen biar tambah ngileeer :):)

Really nice to visit surabaya this time!

"Indah tidaknya sebuah tempat / kota yang kita kunjungi itu bukan sekedar dilihat dari lokasi / tata kota nya tapi tempat / kota itu menjadi berkesan untuk kita karena pengalaman menarik yang kita alami dan rasakan selama berada di tempat / kota tsb"

Oke, sampai disini dulu postingan saya and hope you enjoy it 🙂 salam B2523GI

"baru kali ini saya lihat ada papan beginian di sebuah perumahan elit di surabaya... ternyata kalau di perumahan elit itu papan informasinya 'BEDA', hahaha..."

About the Author

Halo, Saya Riki Yohanes seorang online entreprenuer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan lebih memahami digital marketing dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa meningkatkan omset bisnisnya 3x lipat dengan menerapkan strategi digital marketing yang telah terbukti efektif.

Leave a Comment:

Leave a Comment:

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield