5 Thanos Fingers Adalah Prinsip Penting Untuk Anda Kuasai Ketika Berbisnis Online! Sudah Tahu ??

By Riki Yohanes | Conversion

Nov 24

5 Thanos Fingers adalah istilah untuk 5 prinsip yang penting diketahui oleh setiap pebisnis terutama ketika Anda berbisnis di online menggunakan strategi digital marketing.

5 Prinsip ini saya pelajari seiring dengan berjalannya waktu dan sampai saat ini saya mempraktekkan setiap prinsip di dalam 5 Thanos Fingers tsb. Apa sajakah 5 hal krusial tsb?

Sebelum saya jabarkan, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu kepada Anda intro nya agar Anda mengetahui jalan cerita nya, dan tidak bingung karena tiba – tiba saya cerita tentang 5 Thanos Fingers ini.

Di dalam dunia digital marketing, sangatlah penting untuk Anda dan saya sebagai marketer online untuk memiliki sebuah platform utama (bisa berupa website, instagram facebook dll) dimana platform tsb kita bangun dengan sesempurna mungkin, untuk kemudian kita beriklan mendatangkan traffic pengunjung ke platform kita tsb.

Beberapa orang di dunia digital marketing menyebut platform ini dengan istilah website atau Landing Page (yaitu: sebuah halaman khusus yang menjelaskan tentang produk / jasa yang kita pasarkan sebagai marketer)

Singkat cerita, Landing Page yang kita bangun ini harus berfungsi untuk mengubah pengunjung yang datang, menjadi customer kita.

Oleh karena itu landing page ini tentu harus berisikan konten yang berkualitas, tidak boleh sembarangan, harus dipikirkan secara seksama sehingga apa yang kita sampaikan didalam platform ini dapat membuat pengunjung kita mengerti, memahami dan akhirnya membeli produk / jasa yang kita pasarkan.

Nah... disinilah peran penting dari 5 Thanos Fingers berada, dimana didalam landing page tsb, kita harus menerapkan 5 Thanos Fingers ini sehingga landing page kita menjadi sungguh powerfull untuk mengubah setiap pengunjung yang datang, menjadi customer.

Dan 5 Thanos Fingers tersebut adalah....
1. Desperate Problem
2. Unique Promise
3. Overwhelming Proof
4. Irrisistible Offer
5. Reason To Act Now

Saya bahas satu – persatu, dimulai dari yang pertama yaitu:

THANOS FINGER NUMBER 1
Desperate Problem

Seseorang mengunjungi website (Landing Page) Anda, biasanya berasal dari iklan yang Anda pasang di online, misal facebook ads / google ads. 

Bisa saja orang mengunjungi landing page Anda secara organik / tidak sengaja menemukan landing page Anda, tapi ketika Anda berbisnis online maka yang saya maksudkan disini adalah pengunjung landing page Anda yang datang karena melihat iklan yang Anda pasang di online secara sengaja dan bukan pengunjung tidak terduga.

Nah... pengunjung yang datang ke landing page ini tentu memiliki sebuah persoalan yang ingin diselesaikannya, sehingga dia tertarik melihat iklan Anda, lalu klik dan masuk ke landing page. Setuju ya 🙂

Agar dia membeli produk / jasa yang Anda pasarkan, tentu Anda sebagai marketer harus bisa mengetahui secara spesifik apa permasalahan yang sedang dia hadapi sehingga dia tertarik untuk melihat produk / jasa Anda?

Disini saya menyebutnya dengan Desperate Problem. Kenapa saya sebut “Desperate”? karena orang yang memiliki permasalahan yang “Desperate” atau sudah sampai putus asa, maka dia cenderung untuk segera menyelesaikan masalah tsb dengan mencari solusi, salah satunya adalah dengan membeli produk / jasa yang Anda pasarkan.

Jadi ketika Anda dapat mengetahui dengan persis apa desperate problem dari target audience Anda, dan sanggup menjelaskannya dengan baik di landing page, maka poin plus yang Anda dapatkan adalah calon customer mendapatkan feel / merasa CONNECT dengan Anda, atau dia merasa bahwa Anda bisa mengerti dan memahami permasalahan yang dia hadapi.

Dengan begitu, apabila di tahapan selanjutnya Anda melakukan promosi dengan tepat dan memberikan solusi dengan cara yang “tepat” maka seharusnya goal Anda dapat tercapai, yaotu calon customer membeli produk / jasa atau menjadi customer. Saya harap Anda mulai bisa menyadari apa yang saya sampaikan ini.

Dalam hal ini, juga berlaku sebuah prinsip marketing yang selalu saya pegang selama ini, yaitu:

“Sell what people want to buy, don’t sell what you want to sell”

Kebanyakan orang menjual produk / jasa yang mereka ingin jual, karena mereka bilang produknya bagus keren hebat jago bla... bla... bla.... dan oleh karena itu mereka bilang produknya pasti akan bermanfaat untuk customer mereka (walaupun customer mungkin tidak butuh, hehe..)

Saya tidak ragu dan tidak menyalahkan produk mereka yang hebat tsb, tapi semuanya akan useless dan percuma ketika produk / jasa tsb TIDAK hadir untuk menyelesaikan desperate problem yang dimiliki oleh calon customer.

Dibawah ini adalah ilustrasi yang suka saya ceritakan kepada teman – teman. Misalkan Anda sedang berada di kutub utara yang dingin banget banget, lalu banyak orang disana yang terlihat sangat kedinginan sekali, sampai ada yang sudah lemas, badannya kaku, gemetaran karena terlalu dingin.

Kemudian Anda buka kedai minuman panas didepan mereka, tidak usah kopi / teh melainkan cukup air putih panas saja.

Menurut Anda, apakah yang akan terjadi ??? sudah jelas, mereka akan langsung menghampiri Anda tanpa perlu Anda berpromosi dan mereka langsung membeli minuman Anda tsb bahkan sampai mengantri panjang hanya untuk dapatkan sebuah air putih biasa yang panas.

Mengapa itu bisa terjadi? Ya, karena kita sama – sama tahu apa Desperate Problem dari orang – orang di kutub utara tadi dengan melihat tanda – tandanya, badan lemas, kaku sampai gemetaran dan kita tahu persis bahwa mereka memiliki masalah yang sangat serius yaitu sangat kedinginan tidak tahan lagi sampai mungkin hampir “dead” (very desperate), lalu Anda sangat mengerti permasalahan mereka dan datang memberikan solusi berupa air minum panas, sudah tentu offer Anda akan langsung dibeli oleh mereka saat itu juga.

Itulah yang terjadi ketika kita sebagai marketer dapat mengerti secara spesifik apa desperate problem yang mereka alami & mendeskripsikannya dengan baik dan tepat.

Untuk Thanos Fingers nomor 2, saya bahas di postingan selanjutnya ya. Oleh karena itu stay tuned untuk dapatkan tips yang pasti bermanfaat untuk diterapkan dalam bisnis Anda apapun bidangnya.

Salam B2523GI

About the Author

Halo, Saya Riki Yohanes seorang online entreprenuer dan writer. Harapan saya dengan adanya blog ini orang akan lebih memahami digital marketing dengan lebih baik. Hasil akhirnya adalah mereka bisa meningkatkan omset bisnisnya 3x lipat dengan menerapkan strategi digital marketing yang telah terbukti efektif.

Leave a Comment:

Leave a Comment:

x Shield Logo
This Site Is Protected By
The Shield →